KELAS X
A. Mengaktifkan dan Mematikan Komputer Dengan Prosedur Yang Benar
1. Prosedur Mengaktifkan Komputer
Hal-hal
yang harus diperhatikan dalam mengaktifkan komputer apabila menggunakan
sistem operasi Microsoft Windows adalah sebagai berikut :
a. Pastikan semua kabel power di komputer sudah terhubung dengan jaringan listrik.
b. Hidupkan CPU dengan menekan tombol on di casing.
c. Hidupkan monitor dengan menekan tombol on di monitor.
d. Tunggu sampai prosedur booting selesai yang ditandai dengan tampilnya gambar desktop di layar monitor.
2. Prosedur Mematikan Komputer
Cara
mematikan komputer apabila menggunakan sistem operasi Microsoft adalah
menggunakan prosedur shut down. Prosedur shut down merupakan prosedur
untuk memutuskan segala perangkat keras yang sedang aktif di CPU yang
dikoordinasikan oleh sistem opersasi (Microsoft Windows). Berikut ini
adalah prosedur shut down pada Microsoft Windows XP:
a. Tutup semua program aplikasi yang masih aktif.
b. Klik tombol Start dengan mouse di destop menu.
c. Klik tombol Turn Off Computer
d. Klik Turn Off di kotak dialog Turn Off Computer.
e. Tunggulah beberapa saat sampai komputer mati sendiri.
B. Menggunakan Perangkat Lunak Program Aplikasi
Komputer
tidak hanya memerlukan perangkat lunak sistem operasi seperti Windows
98SE, Windows 2000, Windows XP atau Linux saja, tetapi juga perangkat
lunak sistem aplikasi komputer. Secara garis besar, program aplikasi
dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut:
1.
Program pengolah kata (Word Processor). Contohnya Notepad, WordPad,
Microsoft Word, Word Perfect, dan Star Office. Program ini digunakan
untuk membuat dokumen berupa tulisan, surat, brosur atau dokumen
lainnya.
2. Program pengolah angka. Contohnya Lotus 123, Microsoft
Excel. Program ini sangat berguna untuk melakukan perhitungan seperti
pembukuan di kantor.
3. Program pengolah grafis, digunakan untuk
mengolah grafis, membuat rancangan grafis, mengolah/pengeditan photo dan
lain-lain. Program ini Contohnya Adobe Photoshop, Corel Draw, Microsoft
Paint, dan lain-lain.
4. Program pengolah database, digunakan untuk merancang database. Contohnya Microsoft Access atau Foxbase,MySQI, dan SQIServer.
5. Program Presentasi. Program ini digunakan untuk membuat presentasi. Contohnya Microsoft PowerPoint.
C. Ketentuan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Menerapkan Aturan Etika dan Moral dalam Menggunakan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak TIK
Seseorang
atau perusahaan yang membuat produk baru dapat mendaftarkan hasil
ciptaan produknya ke instansi pemerintah yang berwenang atau badan hak
paten dunia. Hal tersebut dilakukan agar produk barunya tidak bias
ditiru, dipalsukan, ataupun digandakan oleh seorang ataupun perusahaan
lain.
Dalam dunia teknologi dan informasi khususnya computer, hak
paen terhadap merek dagang jga diberlakukan. Merek-merek dagang yang
telah mendapat hak paten akan mendapatkan kekuatan hukum, sehingga
produk ciptannya tidak bisa dipakai orang atau perusahaan lain tanpa
seijin pemilik hak cipta/paten. Apabila seseorang atau peusahaan ingin
memakai produk tersebut, maka harus membeli ke pemilik hak paten.
Beberapa
contoh hak cipta perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan
besar pembuat perangkat lunak antara lain sebagai berikut.
•
Microsoft Corp. Mengeluarkan produk software system operasi Microsoft
Windows, MS DOS, software aplikasi Microsoft Office, dan lain-lain.
•
Adobe Corp. Mengeluarkan software aplikasi Adobe Photoshop, Adobe
PageMaker, Adobe ImageReady dan software utility Adobe Acrobat Reader,
dan lain-lain.
• Corel Corp. Mengeluarkan software aplikasi CorelDraw, WordPerpect, dan lain-lain.
• Winzip Computing Corp. Mengeluarkan program utility Winzip, dan lain-lain.
• Xing Technolgy Corp. Mengeluarkan program multimedia XingMPEG Player, dan lain-lain.
• Norton Corp. Mengeluarkan produk antivirus Norton, dan lain-lain.
Usaha
untuk menghasilkan ide atau gagasan hingga mewjudkannya menjadi suatu
produk, tentulah tidak mudah. Perlu banak pengorbanan baik materi, wakt,
pikiran, maupun tenaga. Oleh karena itu, merupakan kewajiban bagi kita
bagi kita untuk menghargai hasil karya orang lain, khususnya perangka
lunak komputer.
• Tidak membajak, menyalin atau menggandakan tanpa seijin pemilik hak paten.
• Tidak mengubah, mengurangi atau menambah hasil karya orang lain.
• Tidak menggunakan perangkat lunak untuk suatu kejahatan.
• Menggunakan perangkat lunak yang asli.
2. Menerapkan prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak TIK.
Semua
pekerjaan baik di perusahaan, kantor, bengkel, mapun di luar ruangan
seperi di jalan raya mengutamakan fakor kesehatan dan keselamatan kerja
(K3), karena hal tersebut ikut menentukan sukses tidaknya suatu
pekerjaan. Oleh karena itu, di setiap unit kerja biasanya terdapat
departemen yang mengurusi kesehatan dan keselamatan kerja karyawannya.
Saat
kita menggunakan komputer, apalagi bekerja memakai computer seharian
penuh, tent sangat melelahkan. Meskipn hanya duduk dan mengoperasikan
computer, namun pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja jga
diperlukan. Ketahanan seseorang di depan computer dipengaruhi oleh
banyak hal, antara lain: Pengatuan posisi duduk yang benar, pengaturan
cahaya, dan pengaturan jarak pandang antara pengguna dengan monitor.
3. Menghargai Haka Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Dalam TIK
Pemerintah
Indonesia berupaya untuk melindungi hasil karya cipta seseorang atau
perusahaan dari pemalsuan, penggandaan, menyiarkan, memamerkan, dan
pengedarannya. Oleh karena itu, pemerintah Republik Indonesia telah
membuat undang-undang perlondungan tentang Hak Cipta dan Hak Atas
Kekayaan Intelektual (HAKI), yaitu Undang-undang No. 19 tahun 2002
tentang pelindungan Hak Cipta dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)
yang memebrikan sanksi terhadap pelanggaran tersebut. Berikut ini adalh
kutipan tentang ketentuan pidana dalam hal pelanggaran hak cipta yang
diatur dan ditetapkan berdasarkan Undang-undang No. 19 yahun 2002 (pasal
72, Ayat: 1,2, dan 3).
1. Barang siapa dengan sengajadan tanpa hak
melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam pasal ayat (1) atau pasal
49 ayat (1) dan ayat (2) dipidana denan penjara masing-masing sedikit 1
(satu) bulan dan/atau denda paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau dendan
paling banyak Rp 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).
2. Barang
siapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual
kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran hak cipta atau
hak terkait sebagaimana di maksud pada ayat (1) dipidana dengan pidana
paling lama 5 (lima) tahun dan/ atau denda paling banyak
Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
3. Barang siapa dengan
sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan
komersial suatu program computer dipidana dengan pidana penjara paling
lama 5 (lima) tahun dan/ atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00
(satu miliar rupiah).
Dari hal tersebut diatas, jika mengutip
atau mengopi hasil karya orang Lain maka diwajibkan untuk minta ijin
kepada pemegang hak ciptanya. Adapun cara yang perlu dilakukan tentu
tidak harus datang keperusahaan pembuat produk, namun cukup dengan
membeli produk software asli yang sudah ada dipasaran. Hal tersebut
dikarenakan izin atau lisensi dari perusahaan pembuat sudah terdapat di
dalam produknya untuk digunakan secara bebas.
Sebetulnya untuk
mengatasi masalah tersebut, kita bias mencari software yang freeware dab
shareware artinya software tersebut dapat digunakan dan dikembangkan
secara bebas tanpa harus minta ijin kepada pembuatnya. Di pasaran banyak
terdapat software yang freeware, salah satunya program linux. Program
linux sendiri terdiri dari beberapa macam system operasi seperti Redhat,
Fodore Core, Mandrake, Suse, Knoppix, dan lain sebagainya.
Namun
dalam kenyataannya, masyarakat sering mengabaikan hal tersebut.
Kebanyakan masyarakat lebih sering menggunakan software tanpa ijin atau
software bajakan. Maraknya pembajakan software oleh masyarakat
disebabkan oleh faktor-faktor berikut.
1. Pendapatan masyarakat yang relatif kecil.
2. Tingkat pendidikan yang relatif masih rendah.
3. Harga ijin atau lisensi software yang relative mahal.
4. Control pemerintah yang tidak tegas.
Adanya
undang-undang tersebut sebenarnya menunjukkan bahwa pemerintah menjamin
dan melindungi setiap orang atau perusahaan untuk terus berkarya dengan
tidak mengabaikan kepentingan masyarakat luas. Artinya, dalam
undang-undang tersebut disebutkan bahwa pemegan hak cipta dapat
memberikan ijin kepada pihak lain untuk memperbanyak ciptaannya guna
kepentingan pendidikan, serta kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu
pengetahuan.
Komputer DNA Nyontek dari Makhluk Hidup.
Computer DNA
berawal dari ide Leonard M. Adleman, seorang ilmuan computer yang
bekerja di Univercity of Southern California. Computer dan DNA merupak
dua istilah yang berbeda.
D. Melakukan Setting Periferal pada Sistem Operasi Komputer
1. Setting Monitor dalam Komputer
Menentukan
konfigurasi monitor yang baik dan tepat akan membuat kinerja computer
menjadi lebih optimal. Apabila tampilan monitor baik, hasil pekerjaan
juga akan baik Terdapat beberapa macam konfigurasi yang dapat diatur,
diantaranya adalah Themes, Desktop, Screen Saver, Appearance, dan
setting. Untuk mengatur tampilan monitor, lakukan langkah-langkah
berikut:
1. Klik Start
2. Klik Control Panel
3. Klik Display, kemudian tentukan menu tampilan yang akan diatur.
4. Aturlah tampilan monitor sesuai keperluan. Setelah selesai klik OK.
a. Setting untuk mengatur resolusi monitor serta kualitas warna.
Penyetingan
monitor lainnya adalah pengaturan jumlah warna dan resolusi monitor
sehingga tampilannya lebih baik. Jumlah warna merupakan banyaknya warna
yang bisa ditampilkan monitor. Jumlah warna yang tersedia antar lain :
• 8 bit = 256 warna
• 16 bit { High color } = 65.536 warna
• 24 bit { True color } 16.777.236 warna
Sedangkan
tampilan resolusi merupakan jumlah titik {pixel} yang ditembak elektron
ke layar dalam bidang horizontal dan vertical. Semakin banyak titik
yang terjadi layar berarti resolusi semakin tinggi sehingga tampilan
yang dihasilkannya pun semakin tajam. Resolusi yang ada sekarang antar
lain : 640 x 480 pixel, 600 x 800 pixel,dan 1280 x 1024 pixel.
Selain monitor juga da perangkat lain yang digunakn untuk menunjang kualitas gambar,yaitu
VGA
card (kartu grafis). Dengan menggunakan VGA card yang bukan on board
(ada di dalam motherboard), seperti berbasis AGP (Accelerated Graphics
Port) atau PCI Express, resolusi yang dihasilkan menjadi lebih tinggi.
Perangkat Keras Internet dan Jaringan
Perangkat Keras Yang digunakan untuk akses internet :
1. Konsep dasar Jaringan
A. Pengenalan
Jaringan
Jaringan komputer adalah kumpulan dari node node yang dapat saling berkomunikasi dengan node atau komputer lainnya ( node : pada konteks ini adalah peralatan fisik baik komputer, printer , router,bridge, getaway).Hubungan koneksi antara dua komputer dalam satu network disebut network link.
2. Domain dan Workstation
Domain: Kumpulan beberapa komputer yang mempunyai satu atau lebih server
Workstation: Kumpulan beberapa komputer yang tidak mempunyai server
( berdiri sendiri, derajat antara komputer yang satu dengan yang lainnya sejajar ) .
3. Client Server
Server adalah komputer yang difungsikan sebagai "pelayan" pengiriman data dan atau penerimaan data serta mengatur pengiriman dan penerimaan data diantara komputer-komputer yang tersambung.
Client adalah user atau komputer yang menjadi atau diatur oleh server.
B. Perangkat keras internet dan jaringan
1. Perangkat Komputer Pribadi (Personal Computer)
Perangkat keras yang paling utama digunakan untuk koneksi internet adalah seperangkat komputer dengan spesifikasi tertentu yang mendukung akses internet, yaitu komputer dengan processor pentium 133 Mhz, RAM berkecepatan 32 MB dan harddisk 5 GB.2. Modem (Modulator Demodulator)
Modem merupakan perangkat yang saat ini paling banyak digunakan untuk melakukan koneksi ke internet, khususnya melalui saluran telepon. Modem digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya.Terdapat 2 jenis modem, yaitu modem internal dan modem ekternal.
a. Modem internal: merupakan modem yang tergabung pada bagian komputer.
Secara fisik modem internal berupa sebuah card yang tertancap pada salah satu slot pada CPU. Keuntungan modem internal :
- Lebih hemat tempat
- Harga lebih murah dibanding dengan modem eksternal
- Tidak menggunakan adaptor, sehingga sistem terkesan lebih rapi
Kelemahan modem internal :
- Tidak adanya indikator, sehingga agak sulit memantau status modem
- Modem internal mengambil sumber dari power supply, sehingga panas dari komponen-komponen modem akan menambah suhu dalam CPU.
b. Modem Eksternaladalah Modem yang terpisah dari perangkat
komputer,
untuk menggunakannya modem harus dihubungkan dengan kabel ke komputer. Salah satu keuntungan modem ekternal adalah mudah dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain karena terpisah dari komputer.
3. NIC
NIC (Network Interface Card) biasa juga disebut Lancard atau cardlan adalah perangkat yang nantinya menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Perangkat ini mempunyai MAC ( Media Access Control ) atau card address yang terdiri dari 12 bit angka dimana tiap card akan unik (beda) dengan card yang lainnya.Untuk mulai menggunakan internet minimal kita membutuhkan satu buah komputer, modem dan line telepon. Kita juga harus mendaftarkan diri ke Internet Service Provider (ISP) untuk mendapatkan software dan akses ke internet
4. Media transmisi
a. Twisted Pair
Kabel ini biasa disebut dengan UTP( Unshield Twisted Pair ) / 10BaseT. merupakan kabel yang digunakan untuk menghubungkan internet dalam satu jaringan
b. Coaxial
Kabel Koaksial memiliki perlindungan yang lebih baik dibanding dengan twisted pair, sehingga kabel tersebut bisa digunakan untuk jarak yang lebih jauh pada kecepatan tinggi. Konstruksi dan lapisan pelindung kabel koaksial memberikan kombinasi yang baik antara bandwidth yang besar dan imunitas noise yang istimewa
c. Konektor RJ 45
digunakan sebagai penghubung kabel UTP
d. Konektor RJ 11
Digunakan sebagai penghubung modem ke komputer dengan jaringan telepon
5. Hub
Secara sederhana, hub adalah perangkat penghubung. Pada jaringan bertopologi star, hub adalah perangkat dengan banyak port yang memungkinkan beberapa titik (dalam hal ini komputer yang sudah memasang NIC) bergabung menjadi satu jaringan. Pada jaringan sederhana, salah satu port pada hub terhubung ke komputer server. Bisa juga hub tak langsung terhubung ke server tetapi juga ke hub lain, ini terutama terjadi pada jaringan yang cukup besar. Hub memiliki 4 - 24 port plus 1 port untuk ke server atau hub lain
6. Bridge & Switch
Bridge adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah. Bridge bisa menghubungkan tipe jaringan berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet) atau tipe jaringan yang sama. Bridge memetakan alamat Ethernet dari setiap node yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan memperbolehkan hanya lalu lintas data yang diperlukan melintasi bridge.
Switch adalah perluasan dari konsep bridge, Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu cut-through dan store-and-forward. Switch cut-through memiliki kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuannya sebelum meneruskan ke segmen tujuan. Switch store-and-forward, kebalikannya, menerima dan menganalisa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan. Waktu yang diperlukan untuk memeriksa satu paket memakan waktu, tetapi ini memungkinkan switch untuk mengetahui adanya kerusakan pada paket dan mencegahnya agar tak mengganggu jaringan7. Router
bekerja dengan cara yang mirip dengan switch. untuk mudah diingat, Anda menggunakan router ketika akan menghubungkan jaringan komputer ke jaringan lain. Jaringan ini bisa berupa jaringan pribadi (LAN/WAN) atau jaringan publik (Internet).
8. Repeater
Merupakan alat yang digunakan untuk menambah jarak maksimum tiap LAN.
9. Saluran Telepo.
Saluran telepon dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet melalui perangkat modem. Kamu dapat langsung melakukan akses internet menggunakan modem dial-up dan saluran telepon, misalnya Telkomnet instan.
C. Tipe-Tipe Jaringan
1. Local Area Network (LAN)
LAN (Local Area Network) adalah suatu kumpulan komputer, dimana terdapat beberapa unit komputer (client) dan 1 unit komputer untuk bank data (server). Antara masing-masing client maupun antara client dan server dapat saling bertukar file maupun saling menggunakan printer yang terhubung pada unit-unit komputer yang terhubung pada jaringan LAN.
Keuntungan Jaringan LAN.
· Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing).
· Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer Sharing).
· File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan, yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin.
· File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol.
· Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat.
· Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali.
· Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan E-Mail & Chat. Bila salah satu client/server terhubung dengan modem, maka semua atau sebagian komputer pada jaringan LAN dapat mengakses ke jaringan Internet atau mengirimkan fax melalui 1 modem
- Peer to Peer Network
Pada jaringan Peer to Peer, semua node mempunyai kedudukan yang sama dengan node yang lainnya dan mempunyai tipe software yang sama yang mendukung sumber daya. Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan ini, dapat bertindak sebagai workstation maupun server.
- Client/Server Network
Pada jaringan Client/server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai client. Setiap komputer dapat berbagi proses dan penyimpanan dengan server pusat. Tipe jaringan ini membutuhkan server khusus untuk beberapa node dan sebuah server.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel
3. WAN (Wide Area Network)
WAN adalah kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan Internet, dari/ke kantor pusat dan kantor cabang, maupun antar kantor cabang. Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan Internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang berada di lain kota ataupun negara.
Keuntungan Jaringan WAN.D. Tipe-Tipe Topologi Jaringan
· Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
· Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-Mail & Chat.
· Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
· Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.
1. Topologi BUS
Model BUS, dimana komputer dan server dihubungkan pada sebuah kabel saja secara berderet. ujung-ujung kabel data diberi komponen elektronik yang disebut terminator, yaitu semacam resistor terbungkus logam dengan nilai tahanan sebesar 50 ohm. Karakteristik Topologi BUS :
* Kecepatan transfer data lambat* Biaya instalasi murah
* Sulit untuk manajemen jaringan
* Sulit untuk menambah jaringan
2. Topologi Ring/CIncin
Dalam hubungan komputer model ini, kabel penghubung antar komputer dibuat seperti lingkaran (ring). Komputer yang dihubungkan secara berderet pada sebuah kabel data kemudian ujung satu dan ujung satunya lagi dari kabel tersebut dihubungkan.
Keuntungan
• Hemat Kabel
• Mudah membangunnya
• Semua komputer pada jaringan mempunyai status yang sama
Kerugian
• Peka kesalahan
• Pengembangan jaringan lebih kaku
• Apabila kabel terputus maka semua komputer tidak dapat digunakan
3. Topologi Star
Topologi star merupakan topologi yang paling sering digunakan. Pada topologi Star Kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasiun primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.
Keuntungan
• Paling fleksibel
• Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
• Kontrol terpusat
• Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
• Kemudahaan pengelolaan jaringan
Kerugian
• Boros kabel
• Perlu penanganan khusus
• Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis
4. Topologi Tree
Merupakan perpaduan antara topologi bus dan star, yaitu terdiri atas workstation berkonfigurasi star yang terkoneksi ke kabel utama menggunakan topologi bus sebagai backbone. Topologi ini memungkinkan pengembangan jaringan sesuai dengan kebutuhan. Keuntungan :
• mendukung komunikasi point to point
• mudah untuk dikembangkan
• kontrol manajemen lebih mudah
• di dukung oleh hardware dan software oleh beberapa perusahaan
Kerugian :
• jika jalur backbone putus maka semua bagian akan rusak
• lebih sulit untuk mengkonfigurasi dan memasang kabel daripada topologi lain
5. Topologi Mesh
Di antara topologi yang lain topologi mesh memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan-peralatan yang ada. Jadi susunannya, setiap peralatan yang ada didalam jaringan saling terhubung satu sama lain. Dapat dibayangkan jika jumlah peralatan yang terhubung sangat banyak, tentunya ini akan sangat sulit sekali untuk dikendalikan dibandingkan hanya sedikit peralatan saja yang terhubung.
Email Sebagai Sarana Komunikasi
1. Pengertian Email (electronic Mail) adalah fasilitas
dalam internet yang berfungsi untuk mengirim serta menerima berita atau pesan
kepada/dari seseorang. E-mail account adalah alamat yang dimiliki seseorang
sebagai kotak pos yang dituju oleh pengirim agar sampai pada alamat yang
diinginkan. Dengan email, biaya dan waktu pengiriman dapat diminimalkan, karena
pesan dapat dikirimkan ke seluruh penjuru dunia dalam waktu yang bersamaan tanpa
adanya tambahan biaya. Beberapa contoh penyedia layanan e-mail :
- http://www.gmail.com
- http://www.plasa.com
- http://www.yahoo.mail.com
- http://lovemail.com
- http://eudoramail.com
- Biasakan membuat password yang terdiri atas campuran huruf dengan angka
- Jangan gunakan satu huruf pada pssword untuk hal-hal penting karena akan mudah dipecahkan oleh orang lain.
- Menghemat waktu
- Memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memberikan berita penting yang tidak mengenal batas ruang dengan waktu yang relatif singkat.
- Sebagai penyedia jasa layanan surat/berita yang dapat dipergunakan dengan cepat
- Memberikan layanan penyalur berita atau pesan yang murah
- Memberikan kemudahan layanan yang dapat dimanfaatkan oleh orang di manapun berada.
- Klik start
- Pilih program
- Klik browser, misalnya Mozila
- Ketik www.yahoo.com pada address bar
- Setelah tampil homepage yahoo klik sign up
- Isi formulir yang telah tersedia
- Klik Create My Account, setelah proses loading selesai akan muncul halaman konfirmasi bahwa registrasi kita berhasil.
- Klik start
- Pilih program
- Klik browser, misalnya Mozila
- Ketik www.yahoo.com pada address bar
- Klik masuk atau sign in
- Ketik nama yahoo ID, masukkan pasword klik sign in
- Setelah muncul halaman e-mail, pilih compose
- Masukkan alamat email tujuan, Cc dan Bcc (jika ada), dan subjek. Ketik isi surat
- Jika ingin melampirkan file klik lampiran (attach files), lalu klik browse kemudian cari file yang akan dilampirkan, klik open. Klik attach files, tunggu beberapa saat sampai proses attaching files selesai. Klik continue to message
- lalu setelah selesai klik send. Tunggu beberapa saat, kemudian akan muncul halaman konfirmasi
- Klik start
- Pilih program
- Klik browser, misalnya Mozila
- Ketik www.yahoo.com pada address bar
- Klik masuk atau sign in
- Ketik nama yahoo ID, masukkan pasword klik sign in
- Setelah muncul halaman e-mail, pilih inbox untuk melihat daftar e-mail yang masuk.
- Untuk melihat isi surat, klik salah satu surat yang ingin di baca pada list yang ber-link
- Jika ingin membalas surat, klik reply
- tuliskan isi e-mail jawabannya, lalu klik send.
- Ikuti langkah membuka email samapai langkah ke 7
- Setelah email terbuka klik menu file pada toolbar, klik save as, kemudian keluar dialog save web page. Tentukan nama dan lokasi penyimpanan
- Klik save untuk menyimpan.
- Klik menu file lalu pilih print / tekan ctrl+p kemudian klik ok
Tidak ada komentar:
Posting Komentar